Nusantara Indonesia kita memang merupakan surga kuliner. Dari Sabang hingga Merauke memiliki kuliner khasnya masing-masing, dengan penampilan masing-masing dan juga tentu dengan cita rasa yang berbeda-beda pula. Salah satu yang populer di seluruh Indonesia adalah kuliner dari Yogyakarta, Gudeg.

Gudeg adalah kuliner dari Yogyakarta yang bercitarasa manis, dengan isian seperti opor ayam, krecek, telor, dan tentu, gudeg itu sendiri. Gudeg sendiri merupakan sayuran yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Di kota Cirebon, penjual Gudeg khas Yogyakarta masih belum terlalu banyak, belum ada yang populer dan menonjol sekali. Salah satu warung makan yang menjual Gudeg komplit khas Yogyakarta adalah Gudeg Komplit Bu Hj. Amin yang biasa membuka lapak di jalan Cipto, depan Koramil.

Penulis Cirebon Kuliner pun menyempatkan diri untuk datang berkunjung dan mencicipi. Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi nasi Gudeg komplit dengan opor ayam kampung, semuanya ini seharga Rp 23.000,-. Harga yang cukup murah untuk makanan komplit.


Soal rasa, cukup enak. Namun dari sisi kenyamanan, mungkin namanya juga warung tenda kaki lima di trotoar pinggir jalan, jangan harap menemukan kenyamanan seperti pada tempat makan dengan bangunan permanen, terlebih, di dalam Mall. Namun begitu, tempat makan kaki lima semacam ini selalu banyak dicari masyarakat Indonesia karena harganya yang terjangkau dan biasanya, karena porsinya yang selalu lebih banyak dibandingkan dengan porsi-porsi makan yang disajikan di tempat makan yang sudah berkonsep resto.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang gemar menikmati Gudeg khas Yogyakarta, mudah-mudah artike ulasan ini dapat memberi informasi yang berguna mengenai penjual nasi Gudeg komplit khas Yogyakarta di kota Cirebon. Silahkan datang dan coba icipi Gudeg komplit di warung tenda Bu Hj. Amin di jalan Cipto seberang Koramil.