Penulis Cirebon Kuliner sudah beberapa kali mengulas tentang kuliner gado-gado yang ada di kota Cirebon, baik gado-gado uleg maupun gado-gado ayam. Ulasan gado-gado di Cirebon yang sudah pernah dibahas penulis Cirebon Kuliner adalah Gado-gado Ampera, Gado-gado Jagasatru, Gado-gado Pekalangan Tengah, dan yang terakhir adalah Gado-gado Lawanggada. Dan kali ini, penulis Cirebon Kuliner akan mengulas satu lagi gado-gado yang populer di kota Cirebon, dari jenis gado-gado uleg, yaitu Gado-gado Uleg “Alas Demang / Ibu Umi” atau yang lebih populer dengan sebutan Gado-gado “Pasar Balong.”

Yup, lebih populer dengan sebutan Gado-gado “Pasar Balong” karena letaknya yang di sekitaran gedung bekas Pasar Balong, tepatnya di jalan Pekiringan kota Cirebon. Gado-gado “Pasar Balong” merupakan gado-gado uleg dengan isian lontong, kentang, tahu, beberapa jenis sayuran, emping dan krupuk udang. Berbeda dengan gado-gado ayam yang isinya adalah lontong, suwiran daging ayam, telor rebus, kentang, sayuran, dan bumbunya lebih cair daripada gado-gado uleg yang lebih kental.


Baik gado-gado uleg maupun gado-gado ayam, dua-duanya tentu lezat, dan memiliki penggemar masing-masing. Yang pasti, Gado-gado “Pasar Balong” ini sudah populer di kota Cirebon, dan setiap hari selalu ramai dikunjungi pelanggannya untuk menikmati gado-gado uleg. Jadi, kita tentu harus sedikit bersabar jika ingin datang mencicipi gado-gado uleg Ibu Umi ini.

Oiya, Gado-gado “Pasar Balong” ini buka dari pagi sekitar jam 9 dan tutup di sore hari. Satu porsi gado-gado uleg “Alas Demang” ini dijual dengan harga tidak lebih dari Rp 10.000,-. Dengan harga terjangkau, kita bisa menikmati satu porsi gado-gado yang lezat. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum coba, silahkan coba Gado-gado “Pasar Balong” di jalan Pekiringan, dekat gedung Pasar Balong.