Tebu adalah tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gula. Dan saat ini, tebu sedang populer diolah menjadi es tebu yang sangat menyegarkan. Di beberapa daerah, paling tidak di wilayah Cirebon dan Indramayu, penulis Cirebon Kuliner memperhatikan cukup banyak penjual es tebu.

Satu penjual es tebu yang asli tebu tanpa pemanis tambahan ataupun gula tambahan adalah Es Tebu “Super Tebu” yang biasa mangkal di kawasan jalan Pekalipan kota Cirebon, tepatnya belokan sebelum toko roti Oriental, sebelah kiri jalan.


Saat penulis Cirebon Kuliner temui, sang penjual berasal dari Cikijing Majalengka, sedangkan tebu yang digunakan adalah tebu yang berasal dari Ciamis. Dan saat penulis Cirebon Kuliner mencicipi, rasa dari Es Tebu “Super Tebu” ini memang rasanya tebu banget tanpa rasa manis tambahan dari gula. Rasanya betul-betul tebu murni. Segar sekali dinikmati di siang hari. Harganya pun murah, Rp 3.000,- saja per gelasnya.


Karena penulis Cirebon Kuliner pernah mencoba es tebu yang lain, rasa manisnya bukan dari tebu murni, tapi sudah ditambah gula tambahan, sehingga kurang nikmat dinikmati. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin mencari yang segar-segar di kota Cirebon, Es Tebu “Super Tebu” ini layak dicoba.