Cuaca Cirebon memang istimewa. Walaupun begitu, bagi putra/putri asli Cirebon, cuaca Cirebon yang panas ini entah bagaimana, selalu bikin kangen, terutama bagi masyarakat asli Cirebon yang berdomisili di luar kota, entah karena urusan pendidikan ataupun pekerjaan.

Nah, dengan cuaca seperti ini, rasanya memang cocok sekali jika menikmati minuman dingin nan menyegarkan untuk menyeimbangkan cuaca Cirebon. Jangankan betul-betul meminumnya, melihat penjualnya saja mungkin sudah membuat masyarakat Cirebon menelan ludah.

Di Cirebon, banyak sekali hidangan makanan atau minuman yang dingin menyegarkan, salah satu yang populer sekarang adalah es tebu. Dan di Cirebon, penjual es tebu yang paling terkenal mungkin adalah Es Tebu “Idola” yang ada kawasan jalan Pagongan, tepatnya di sekitaran samping toko buku Dasco.


Es Tebu “Idola” ini tidak menggunakan gula tambahan, artinya, yang pembeli minum adalah tebu murni. Terbukti saat penulis Cirebon Kuliner mencicipi Es Tebu “Idola” ini, rasanya memang sangat menyegarkan, harganya pun murah, Rp 2.500,- saja.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang sedang mencari yang segar-segar di Cirebon yang panas, silahkan coba Es Tebu “Idola” di jalan Pagongan. Oiya, ada juga es tebu lainnya yang pernah diulas penulis Cirebon Kuliner, yaitu “Super Tebu.”