Sebelumnya, penulis Cirebon Kuliner sudah pernah mengulas tentang Es Serut “Mang Iwan” jalan Kartini kota Cirebon. Kali ini, penulis Cirebon Kuliner mengulas Es Serut “Mang Iwan” yang ada di kawasan Panembahan, kurang lebih 4 KM ke arah Barat dari kota Cirebon, tidak begitu jauh dari kawasan wisata kuliner Empal Gentong H. Apud.

Sebelumnya, bagi yang belum tahu, es Serut adalah jajanan tradisional es khas Cirebon. Dahulu, es Serut khas Cirebon ini biasa dijajakan secara keliling kampung oleh para penjualnya dengan pikulan khasnya yang memiliki tempat khusus untuk gelas-gelas yang akan digunakan untuk sajian es Serut khas Cirebon. Saat ini, es Serut khas Cirebon sudah relatif sulit ditemukan, bahkan di perkampungan pelosok Cirebon sekalipun.


Beruntung, generasi muda Cirebon dan juga wisatawan yang berkunjung ke kota Cirebon masih bisa menikmati es Serut khas Cirebon saat ini dengan mudah dengan adanya Es Serut “Mang Iwan” di jalan Kartini untuk wilayah kotanya, dan di kawasan Desa Panembahan untuk daerah Kabupatennya.

Penulis Cirebon Kuliner pun berkesempatan datang berkunjung untuk meliput sekaligus menikmati satu gelas es Serut khas Cirebon ala “Mang Iwan”. Dijual dengan harga Rp 5.000,- plus 2 helai roti tawar, es Serut khas Cirebon ala “Mang Iwan” ini tentunya sangatlah menarik untuk dicoba. Selain murah tentunya, juga menyegarkan dinikmati saat kota Cirebon sedang panas-panasnya.

Es Serut khas Cirebon adalah minuman es tradisional yang dibuat dengan isian balok es yang di “serut” dengan alat khusus sehingga menghasilkan serpihan-serpihan es di dalam gelas. Isian lainnya adalah parutan kelapa, roti, agar-agar berwarna putih. Walaupun secara estetika penampilan es Serut khas Cirebon tidak bergitu berwarna – karena hanya putih pucat saja – tentunya tidak mengurangi nilai warisan kulinernya. Penasaran? Silahkan coba es Serut khas Cirebon ala “Mang Iwan” di jalan Kartini kota Cirebon, atau di kawasan Desa Panembahan kabupaten Cirebon.