Setiap kota di Indonesia memiliki hidangan minuman dingin atau es dengan ciri khas masing-masing. Di Cirebon, ada Es Cuwing, ada Es Serut. Dan yang penulis Cirebon Kuliner bahas kali ini adalah Es Serut “Mang Iwan” yang terletak di jalan Kartini kota Cirebon, tepatnya di seberang minimarket, sebelah kiri dari arah lampu merah gunung sari, sebelum Pizza Hut.

Es Serut “Mang Iwan” yang di jalan Kartini ini adalah cabang dari Es Serut “Mang Iwan” yang ada di kawasan Panembahan, Plered, Kabupaten Cirebon. Dari cutting sticker yang menempel di gerobak Es Serut “Mang Iwan” penulis berasumsi bahwa cabang yang satu ini dikelola oleh Mas Afif, putra Mang Iwan sang founder.


Es Serut adalah hidangan minuman dingin dengan serutan es batu yang rasanya manis sekaligus gurih. Dulu, es serut adalah jajanan tradisional anak-anak di sekolahan atau di pemukiman penduduk di pelosok Cirebon. Es serut dulu populer sebagai jajanan siang hari dengan isian sederhana seperti agar-agar jel, kolang-kaling, kelapa, dan lain-lain.


Kali ini, keberadaan es serut masih ada dan terlestarikan dengan adanya Es Serut “Mang Iwan,” karena yang penulis Cirebon Kuliner perhatikan, di Cirebon masih sangat jarang penjual Es Serut yang sudah berkonsep semi modern seperti Es Serut “Mang Iwan” ini. Bahkan yang berkonsep tradisional dengan gerobak dorong berukuran kecil di pedesaan pelosok Cirebon pun sudah semakin jarang terlihat, seperti halnya juga es cuwing.


Es Cuwing “Mang Iwan” juga berisi kelapa, agar-agar jel, kolang-kaling, dan diberi inovasi dengan diberi isian tape ketan dan roti tawar satu lembar utuh. Rasanya, menyegarkan sekali dinikmati di siang hari di Cirebon yang panas. Harganya, Rp 5.000,- saja per gelasnya. Jadi bagi anda pembaca Cirebon Kuliner dan masyarakat Cirebon yang ingin mencicipi hidangan minuman es khas Cirebon, es serut, silahkan coba Es Serut “Mang Iwan” di jalan Kartini kota Cirebon atau di kawasan Panembahan, di seberang STM Nusantara.