Nampaknya kuliner es pisang ijo khas Makasar sudah menjadi kuliner segar yang banyak disukai banyak orang di Indonesia, termasuk di Cirebon. Karena penulis CirebonKuliner sendiri sudah melihat ada beberapa penjual es pisang ijo khas Makasar. Dan salah satunya adalah Es Pisang Ijo “Auvman.”

Es Pisang Ijo “Auvman” ini terletak di jalan Ampera. Penjualnya sekaligus pemiliknya adalah seorang pria asal kota Bandung yang pernah bekerja pada seseorang asli Makasar. Dia kini sengaja merantau ke kota Cirebon untuk berwiraswasta menjual es pisang ijo.


Iya, Es Pisang Ijo “Auvman” adalah buatannya sendiri yang dia jajakan sendiri di kawasan jalan Ampera kota Cirebon. Selain itu, sang pemilik juga biasa membuka lapak untuk berjualan di kawasan komplek perumahan Bima setiap hari minggu.

Aslinya, sirup yang digunakan untuk es pisang ijo asli Makasar adalah buatan sendiri. Namun sirup yang digunakan dalam Es Pisang Ijo “Auvman” ini adalah sirup khas dan asli Cirebon, Tjampolay. Bangga juga ya sirup Tjampolay asli Cirebon ini banyak digunakan di berbagai hidangan kuliner Nusantara.


Sedangkan pisang yang dipakai dalam Es Pisang Ijo “Auvman” adalah pisang tanduk. Soal rasa, Es Pisang Ijo “Auvman” ini tergolong enak menurut penulis CirebonKuliner. Dan yang paling menyenangkan dari Es Pisang Ijo “Auvman” ini adalah harga satu porsinya yang hanya Rp 5.000,- saja! Murah sekali bukan? Selain itu, Es Pisang Ijo “Auvman” juga memiliki tenda dan beberapa meja dan kursi, sehingga menambah kenyamanan kita untuk menikmati es pisang ijo di siang hari, baik sendirian maupun ramai-ramai bersama teman-teman, kolega, atau keluarga kita.


Es pisang ijo ini sangat cocok dinikmati di kota Cirebon ketika siang hari, saat suhu di kota Cirebon sedang panas-panasnya. Jadi, bagi pembaca CirebonKuliner yang ingin menikmati kuliner yang segar-segar di kota Cirebon yang panas, silahkan coba Es Pisang Ijo “Auvman.”