Bagi yang belum tahu tentang apa itu Es Pisang Ijo, ini adalah kuliner khas Makasar yang sudah populer di Indonesia. Pisang yang dibalut adonan berwarna hijau, dihidangkan dengan bubur sumsum dan disiram sirup, kemudian diberi es batu. Rasanya? Tentu nikmat dan sangat menyegarkan. Bagaimana dengan di Cirebon? Sebetulnya, beberapa bulan kemarin di sekitaran tahun 2012 sampai 2013 ada beberapa penjual Es Pisang Ijo khas Makasar di kota Cirebon, namun sebagian besar (terutama yang rasanya enak) sudah tidak terlihat berjualan lagi.

Namun jangan khawatir, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang gemar menikmati Es Pisang Ijo khas Makasar, penulis Cirebon Kuliner sudah menemukan lagi satu penjual kuliner segar ini di salah satu sudut jalan Perjuangan, tidak jauh dari komplek perumahan GSP kota Cirebon, namanya Es Pisang Ijo “Angin Mamiri”. Dan menurut penulis Cirebon Kuliner, salah satu fakta yang menarik adalah bahwa Es Pisang Ijo “Angin Mamiri” dimiliki, dibuat dan dijual oleh orang asli Bugis Makasar.

Es Pisang Ijo “Angin Mamiri” jalan Perjuangan kota Cirebon ini memang belum terlalu lama berjualan, sampai artikel ulasan ini dibuat, baru sekitar 6 bulanan saja berjualan. Dan saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis juga menemukan bahwa Es Pisang Ijo “Angin Mamiri” ini juga menjual dua lagi olahan pisang khas Makasar, yaitu Pisang Epe dan Pisang Sanggara Balanda. Mengenai Pisang Epe dan Pisang Sanggara Balanda, akan dibahas lebih lanjut.

Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner hanya mencoba Es Pisang Ijo khas Makasar ala Es Pisang Ijo “Angin Mamiri” saja, karena penulis Cirebon Kuliner sendiri sudah lama mencari penjual Es Pisang Ijo di kota Cirebon yang kini sulit dicari. Dari penampilan, sudah sangat menarik dan membuat kita menelan lidah, terlebih rasanya, sungguh nikmat menyegarkan di tenggorokan, segar sekali. Dengan harga Rp 7.000,- saja, kita bisa menikmati Es Pisang Ijo khas Makasar, asli bikinan orang Makasar-nya lho

Satu informasi yang juga mungkin bisa bermanfaat bagi masyarakat kota Cirebon, Es Pisang Ijo “Angin Mamiri” bekerja sama dengan Mom Non DORAYAKI dalam menjual Es Pisang Ijo buatannya. Iya, Mom Non DORAYAKI yang sebelumnya sudah dibahas penulis Cirebon Kuliner, berjualan Dorayaki otentik Jepang dan Lumpia Basah khas Bandung, kini juga menjual Es Pisang Ijo khas Makasar ala  Es Pisang Ijo “Angin Mamiri”. Jadi, bagi masyarakat kota Cirebon yang ingin delivery Es Pisang Ijo khas Makasar, bisa menghubungi Mom Non DORAYAKI.