Di kota Cirebon, ada satu jajanan lama yang menyegarkan dan masih bertahan hingga kini, yaitu es duren khas Cirebon. Es Duren khas Cirebon adalah sebuah jajanan segar yang berisi es krim sederhana buatan rumahan, yang disiram sirup khas Cirebon, Tjampolay rasa pisang susu, kemudian diberi satu atau dua buah biji durian yang masih berdaging tentunya.

Es Durian khas Cirebon biasanya dijajakan para penjualnya dengan menggunakan gerobak dorong berukuran kecil yang juga berpenampilan khas dengan adanya Sirup Tjampolay khas Cirebon dan beberapa buah durian yang diletakan di atas gerobak. Es Durian khas Cirebon dijajakan dengan cara berkeliling atau bisa juga menetap bagi penjual yang memiliki tempat mangkal yang sudah tetap. Ada beberapa spot di kota Cirebon dimana kita bisa menjumpai penjual Es Duren khas Cirebon.

Dan salah satu spot itu adalah di sekitaran Pasar Kanoman, tepatnya di jalan Winaon, di samping Toko Manisan Sinta. Ada penjual Es Duren khas Cirebon yang bernama di gerobaknya bertuliskan Mas Bahari yang biasa mangkal di situ.



Siang atau sore hari adalah waktu yang pas untuk menikmati Es Duren khas Cirebon di kota Cirebon. Dengan temperatur udara yang panas, Es Duren khas Cirebon dengan sirup Tjampolay yang juga khas Cirebon, memang bisa mengimbangi panasnya kota Cirebon karena sangat menyegarkan dan nikmat sekali.

Es Duren khas Cirebon biasanya dijual dengan harga antara Rp 9.000,- hingga Rp 12.000,-an paling mahal. Biasanya, Es Duren termasuk yang banyak dicari turis lokal yang kebetulan juga sedang berbelanja atau berwisata di kota Cirebon dan sedang mencari suatu hidangan sederhana yang menyegarkan untuk mengimbangi panasnya Cirebon.

Dan wilayah jalan Winaon adalah salah satu spot yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang sedang berwisata di kota Cirebon. Karena di jalan ini ada Toko Manisan Sinta yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Cirebon. Tidak heran juga jika ada satu penjual Es Duren khas Cirbeon yang mangkal tetap di sekitarnya. Penasaran belum pernah mencoba? Silahkan datang kunjungi Es Duren “Mas Bahari” di jalan Winaon samping Toko Manisan Sinta.