Yang Penulis CirebonKuliner tahu, Es Duren hampir ada di banyak kota di Indonesia, terutama di Jawa Barat. Namun, tampaknya tetap saja ada sedikit perbedaan dalam masing-masing Es Duren di setiap kota. Termasuk di kota Cirebon ini.


Tentu saja, banyak penjual Es Duren di kota Cirebon. Salah satu yang sudah mulai terkenal adalah Es Duren yang biasa mangkal di kawasan jalan Siliwangi kota Cirebon, tepatnya di areal alun-alun kota Cirebon. Dari penampilannya saja, gerobak dorong Es Durennya lebih menarik dari penjual Es Duren lainnya di kota Cirebon karena memajang duren-duren di gerobaknya.

Selain itu, Es Duren yang satu ini juga sudah pernah masuk di salah satu stasiun televisi lokal di kota Cirebon. Tapi, yang terpenting adalah ciri khas dan rasanya. Iya, Es Duren Cirebon memang dibedakan dari sirup yang digunakan, yaitu sirup asli dari kota Cirebon, Tjampolay.



Penulis CirebonKuliner yakin, sirup Tjampolay asal Cirebon ini sudah terkenal kemana-mana karena rasanya yang enak. Itu juga yang membuat Es Duren Cirebon istimewa. Sedangkan soal harga, sedang saja, Rp 9.000,- per porsinya.