Es Cuwing adalah salah satu jajanan segar dari Cirebon yang mirip dengan es cendol atau es dawet. Hanya saja yang membedakan adalah isinya. Es Cuwing berisi cuwing atau semacam adonan mirip agar-agar yang terbuat dari sejenis tanaman rambat yang diolah daunnya untuk dijadikan cuwing.

Dahulu, masih relatif mudah menemukan penjual es cuwing tradisional yang menggunakan gerobak dorong berukuran kecil keliling kampung di pelosok Cirebon. Namun kini, nampaknya sudah agak sulit menemukan penjual es cuwing keliling semacam ini.

Tapi, di jalan Kartini yang merupakan salah satu pusat kota di Cirebon, ada satu penjual es cuwing yang biasa mangkal di salah satu sudut jalan Kartini, dengan menggunakan gerobak dorong berukuran kecil, yang biasa digunakan para penjual es cuwing pada masa tahun-tahun lalu.


Dan penjual es cuwing di jalan Kartini ini nampaknya laris manis. Hampir di setiap siang hari sampai sore hari, para pencari dan penggemar es cuwing membeli es cuwing di jalan Kartini ini. Memang, es cuwing Cirebon pas sekali dinikmati siang hari di Cirebon saat udara sedang panas-panasnya.

Es Cuwing jalan Kartini ini dijual dengan harga hanya Rp 3.000,- saja per mangkoknya. Bagi pembaca Cirebon Kuliner yang sedang mencari es cuwing di kota Cirebon, silahkan mampir ke Es Cuwing jalan Karitni, di seberang resto Mc’D, di depan sebuah toko bibit minyak wangi.