Kuliner segar yang satu ini memang khas Cirebon. Sempat agak sulit menemukannya beberapa tahun yang lalu, namun kini sudah mulai mudah kembali untuk menemukannya. Penulis Cirebon Kuliner pun sudah beberapa kali menulis tentang es cuwing khas Cirebon.

Kali ini, adalah Es Cuwing “Ciremai” yang berlokasi di jalan Kesambi, tepatnya di seberang Rumah Sakit Ciremai kota Cirebon. Setiap melewati lapak ini, selalu ramai, oleh sebab itu penulis Cirebon Kuliner penasaran dan mencoba mampir dan membuat ulasan tentangnya.

Es Cuwing “Ciremai” menyediakan es cuwing khas Cirebon, dan juga es dawet khas Cirebon. Hah???! Es dawet khas Cirebon?! Iya, penulis Cirebon Kuliner sendiri sedikit bertanya karena baru mendengar bahwa ada es dawet khas Cirebon. Yang penulis Cirebon Kuliner tahu, es dawet itu khas dari daerah Banjarnegara. Saat penulis Cirebon Kuliner bertanya kepada sang penjual apa itu dawet ayu khas Cirebon, ternyata adalah es cendol yang diberi potongan buah nangka. Mungkin pembeda inilah yang menjadikan es cendol yang mirip es dawet ayu khas Banjarnegara ini disebut es dawet khas Cirebon.




Penulis Cirebon Kuliner sendiri lebih suka menyebutnya es cendol khas Cirebon saja. Atau sekalian es cuwing khas Cirebon saja yang memang khasnya Cirebon adalah es cuwingnya. Okei, soal harga, memang sangat murah, Rp 3.000,- saja es cuwing atau es cendol atau es dawet ini dijual. Murah meriah, enak, dan segar untuk menandingi panasnya Cirebon ini, tidak heran kalau lapaknya juga sering ramai.

Jadi, bagi masyarakat kota Cirebon yang mencari es cuwing khas Cirebon, kini ada satu lagi alternatifnya, yaitu Es Cuwing khas Cirebon “Ciremai” yang berlokasi di seberang Rumah Sakit Ciremai kota Cirebon di jalan Kesambi. Selamat mencoba!

Es Cuwing khas Cirebon

Es Cendol / Dawet khas Cirebon dengan irisan buah nangka