Es Cuwing adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang berisi cuwing, kelapa, cendol, yang kemudian di siram kuah santan dan gula merah cair, dan diberi es batu sebagai pelengkapnya yang membuat hidangan begitu segar. Bagi warga asli Cirebon, tentu tahu jajanan menyegarkan yang satu ini, walaupun mungkin saat ini penjual es cuwing tidak sebanyak dahulu.

Bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum tahu apa itu cuwing. Cuwing adalah sejenis tanaman rambat yang daunnya diolah dengan cara diperas dengan tambahan air, dan hasilnya itu yang menjadi bahan utama sebagai isian es cuwing khas Cirebon. Cuwing berwarna hijau gelap, bertekstur mirip agar-agar, licin, rasanya sedikit sepat dan sedikit manis.

Di Cirebon sendiri, saat ini ada penjual es cuwing yang mempunyai tempat berjualan sudah tetap, atau tidak berkeliling. Dahulu, es cuwing biasa dijajakan dengan menggunakan gerobak dorong dan berkeliling perkamupungan. Es Cuwing “Ampera” adalah ulasan yang kali ini dibahas penulis Cirebon Kuliner.


Sesuai namanya, Es Cuwing “Ampera” berlokasi di jalan Ampera, nomor 9 kota Cirebon, bersebelahan dengan FUGO Snack Station. Es Cuwing “Ampera” biasa buka dari pagi menjelang siang sampai sore hari. Es Cuwing memang cocok sekali dinikmati di cuaca yang panas, seperti cuaca di kota Cirebon. Sehingga ketika kita menikmatinya, dapat sejenak menghilangkan rasa gerah akibat cuaca panas. Rasanya manis, segar, dan ada sedikit gigitan yang didapat dari buah kelapa.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum pernah coba kesegaran es cuwing khas Cirebon, silahkan datang dan kunjungi Es Cuwing “Ampera” di jalan Ampera nomor 9 kota Cirebon. Satu porsi es cuwing ala Es Cuwing “Ampera” ini harganya hanya Rp 3.500,- saja. Murah, bukan?