Kawasan Kecamatan Plered terutama di daerah Battembat, sebagai kawasan dimana tepatnya kuliner khas Cirebon empal gentong berasal, tentu memiliki banyak penjual empal gentong di sepanjang jalan raya utama Pantura ini. Namun hanya beberapa saja yang terkenal, salah satunya adalah warung makan Empal Gentong “Mang Darma.”


Empal Gentong sebagai kuliner asli dari Cirebon kini semakin dikenal dan disukai masyarakat dari luar kota Cirebon. Hal ini terbukti dengan selalu ramainya tempat-tempat makan di kawasan Battembat, Plered, kabupaten Cirebon – terutama diakhir pekan – oleh kunjungan banyak orang yang datang dari luar kota untuk menikmati kuliner khas Cirebon ini.

Empal Gentong “Mang Darma” adalah salah satunya saja. Walaupun tempat makan Empal Gentong “Mang Darma” ini relatif kecil dibanding pesaingnya, namun tidak kalah ramai dikunjungi penggemar empal gentong, terutama di akhir pekan.

Walaupun dari informasi yang didapatkan penulis CirebonKuliner bahwa masing-masing orang tertentu memiliki selera yang berbeda-beda, sehingga masing-masing tempat makan Empal Gentong di kawasan Battembat ini memiliki pelanggannya masing-masing. Tapi menurut penulis CirebonKuliner, semuanya tentu enak, kalau tidak, tentu tidak akan ramai dikunjungi pelanggan.


Rp 30.000,- adalah harga yang kita harus bayar untuk seporsi Empal Gentong dengan dua krupuk dan dua es jeruk. Jadi, kalo anda ada di Cirebon dan ingin menikmati kuliner Cirebon yang satu ini, Empal Gentong “Mang Darma” bisa jadi satu opsi pilihan. Adanya di kawasan jalan raya Pantura, di daerah Battembat, tepatnya sebelum jembatan Gesik, sebelah kiri jalan dari arah Jakarta.