Aslinya, Empal Gentong “Bu Darma” yang terletak di jalan Slamet Riyadi (Krucuk) nomor 1 ini adalah Empal Gentong “Mang Darma” yang terkenal di Cirebon. Hanya saja, yang terletak di jalan Krucuk ini adalah cabang yang sudah dikelola istri di Mang Darma sendiri, terlihat juga plang dengan tulisan “Mang Darma” masih terpasang.

Empal Gentong “Bu Darma” di belokan lampu merah Krucuk – Siliwangi ini memang selalu ramai dikunjungi pelanggannya terutama disiang hari saat jam makan siang yaitu sekitar jam 12 siang sampai jam sekitar jam 2 siang. Mungkin karena lokasi empal gentong “Bu Darma” ini terletak di kawasan perkantoran. Iya, disiang har, memang kebanyakan pelanggan empal gentong “Bu Darma” ini adalah para eksektuif muda yang bekerja di kantor-kantor sekitar yang ingin menikmati santap siang.


Terlepas dari ramai tidaknya, empal gentong memang kuliner asli dari Cirebon yang saat ini sudah populer sampai ke luar kota Cirebon, dan memiliki banyak penggemar dari luar kota Cirebon. Terbukti dengan selalu ramai sesaknya tempat-tempat makan empal gentong yang terkenal di Cirebon. Begitu juga empal gentong “Bu Darma” ini, selalu ramai dikunjungi penggemar setianya.

Rasa empal gentong ala “Bu Darma” ini tentu enak, kalo ngga, tentu tidak akan bertahan selama ini, dan tentu tidak akan selalu ramai setiap harinya. Walaupun tempat makannya tidak terlalu besar, namun dapat menampung lumayan banyak pengunjung yang ingin menikmati empal gentongnya. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner baik asli warga Cirebon maupun pendatang, kini bertambah satu lagi referensi tempat makan empal gentong asli Cirebon di kota Cirebon, yaitu Empal Gentong “Bu Darma” di jalan Slamet Riyadi atau Krucuk, tepatnya di sebelah kiri jalan, belok kiri dari arah jalan Siliwangi.