Berawal dari akun twitter @chunkeechick yang follow akun twitter @cirebonkuliner dan akhirnya saling follow, lalu berlanjut ke rasa tertarik penulis Cirebon Kuliner untuk mengunjungi booth Chunkee Chick untuk mencicipi kuliner jualannya kemudian meliputnya, kemudian menjadi pengalaman tersendiri bagi penulis Cirebon Kuliner.

Penulis Cirebon Kuliner membuat janji dengan salah satu pengelola Chunkee Chick, Mas Acep. Siang itu di salah satu booth Chunkee Chick yang terletak di Grage Mall, penulis Cirebon Kuliner berbincang cukup panjang dengan Mas Acep. Dari obrolan yang cukup panjang itu saya mengetahui bahwa sang owner atau pemilik Chunkee Chick adalah pasangan muda suami istri asal Surabaya yang kini menetap di Cirebon. Dan penulis Cirebon Kuliner juga mengetahui bahwa sang pemilik juga merupakan pemilik Spazz Bistro yang ada di jalan Sisingamangaraja kota Cirebon dan juga di Grage Mall.


Okei, sekarang mari kita fokuskan bahasan pada Chunkee Chick. Chunke Chick adalah kuliner ringan sejenis kudapan atau cemilan atau jajanan ala Singapura. Kuliner ini merupakan daging dada ayam yang dibalut adonan crispy ala ayam goreng cepat saji. Disajikan dalam potongan kecil dengan beberapa macam pilihan bumbu, jajanan ringan ini memang unik dan pasti bikin ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Yang bagus adalah, rasa dari Chunkee Chick ini tidak seperti jajanan ringan di pinggir jalan seperti otak-otak atau yang lainnya yang rasa pedas dari sambal bubuknya begitu menyengat dan membuat tenggorokan gatal. Hal semacam ini tidak ditemukan pada kuliner jajanan dari Chunkee Chick yang tersedia dalam pilihan Original, BBQ, Super Pedas, dan Black Pepper. Sedangkan untuk saosnya ada pilihan Chunkee Spesial Saos, Tomat Mayo Saos, dan Chili & Tomato Saos, seperti Ayoli Saos.


Yang penulis CirebonKuliner pesan adalah dua porsi Chunkee Chick dengan bumbu BBQ dan Super Pedas, dan saos Tomato Mayo dan Chili & Tomato dalam ukuran atau size L. Iya, Chunkee Chick menyediakan dua ukuran yaitu L dengan harga Rp 15.000,- , dan XL dengan harga Rp 20.000,-.

Sekali lagi, rasanya unik seperti booth-nya. Hehehee.. Yang BBQ, ada cita rasa Timur Tengah karena menggunakan rempah-rempah yang biasa dipakai dalam kuliner-kuliner Timur Tengah seperti Kapulaga dan lain-lain. Unik sekali. Yang Super Pedasnya pun tidak pedas menyegrak tenggorokan. Pedas, namun masih nyaman di tenggorokan.

Soal harga, Rp 15.000,- s/d Rp 20.000,- cukup sepadan, karena jajanan yang kita dapat di sini adalah jajanan yang ringan namun “berbobot” karena daging dada ayam yang memang kaya akan protein. Tidak seperti jajanan otak-otak di pinggir jalan yang seyogyanya mengandung daging ikan, namun justru lebih banyak adonan terigunya. Tidak dengan Chunkee Chick yang memberi daging dada ayam yang cukup mengenyangkan.


Jadi, jika anda ada di Cirebon dan melihat booth Chunkee Chick, jangan ragu untuk mencoba!