Sebelum membahas “Belgian Wafel” (note: ‘wafel’ dengan satu huruf F, bukan dua huruf F sebagaimana harusnya penulisan yang benar. Dan huruf L ditulis di akhir, bukan setelah huruf F.) yang penulis Cirebon Kuliner maksud, mari bicara sedikit mengenai Belgian Waffel  itu sendiri.

Belgian Waffel adalah salah satu jenis waffle yang populer di Amerika bagian Utara dengan ciri khas ukuran yang lebih besar, adonan lebih ringan, dan pola grid yang lebih tinggi yang membentuk membentuk lubang yang dalam dan bentuk kotak yang lebih lebar dibandingkan dengan waffel standar khas Amerika.

Di negara Belgia sendir, tidak ada satu standar atau patokan untuk satu jenis tertentu dari Belgian Waffle. Bahkan di negara Belgia sendiri, terdapat beberapa jenis waffle, di antaranya adalah Brussels Waffle Liège Waffle, dan Stroopwaffle. Apa yang disebut sebagai Belgian Waffle yang populer di Amerika bagian Utara tidak ada di negara Belgia itu sendiri. Walaupun mirip dengan Brussels Waffel, akan tetapi Brussels Waffle memiliki adonan lebih berat dan crispy di luar.

Sedangkan waffle  itu sendiri adalah sejenis makanan pastry yang dimasak dengan dijepit di antara dua alat, diberi pola untuk memberi karakter dan impresi bentuk dan permukaan. Waffle banyak dinikmati di seluruh dunia, khsusunya Belgia, Perancis, Belanda, Skandinavia, dan Amerika Serikat. Mengenai detil sejarah waffle itu sendiri, silahkan mencari informasinya lebih detil di situs lainnya.

Nah, sekarang mari membahas “Belgian Wafel” yang penulis Cirebon Kuliner maksud. Sekali lagi, perlu dicatat, penulisannya “Belgian Wafel” dengan satu huruf F, bukan dua, dan huruf L ditulis di akhir kata, bukan setelah huruf F. “Belgian Wafel” yang penulis Cirebon Kuliner maksud adalah memang waffle yang dijual di mall-mall. Entah di mall-mall luar kota Cirebon, di kota Cirebon sendiri, ada beberapa penjual “Belgian Wafel” yang sudah penulis Cirebon Kuliner temukan, salah satunya adalah yang ada di CSB Mall kota Cirebon.


Iya, “Belgian Wafel” yang dibahas penulis Cirebon Kuliner ini adalah wafel yang dijual di CSB Mall kota Cirebon, tepatnya di sekitaran foodcourt Dermaga. “Belgian Wafel” menawarkan waffel dengan berbagai pilihan topping dari mulai coklat, keju, es krim, dan masih banyak lagi. Dijual dengan kisaran harga Rp 7.500,- hingga di atas Rp 10.000,-, “Belgian Wafel” ini memang sangat cocok untuk diadikan jajanan ringan atau cemilan saat berkunjung ke mall.

Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi “Belgian Wafel” dengan topping coklat keju seharga Rp 10.000,-. Masing-masing pilihan topping diberi nama sendiri-sendiri oleh “Belgian Wafel” sehingga memberi daya tarik tersendiri. Rasanya, memang sangat menghibur lidah dan mulut kita. Adonannya yang manis seperti halnya pukis, martabak manis, atau kue cubit, dipadu dengan coklat keju memang selalu menjadi jajanan yang menarik untuk dinikmati dan bikin ketagihan.

Penulis Cirebon Kuliner sendiri belum menemukan informasi, apakah “Belgian Wafel” ini dimiliki oleh orang Indonesia, apakah hanya ada di kota Cirebon, dan juga apakah sudah bersistem franchise atau waralaba. Bagaimana pun itu, silahkan cicipi waffle ala “Belgian Wafel” di CSB Mall kota Cirebon.