Buat penggemar bebek, ini ada satu referensi tempat makan bebek goreng yang highly recommended di kota Cirebon. Adalah BBG atau Biang Bebek Goreng yang berlokasi di jalan Diponegoro 23, kota Cirebon. Mengapa penulis Cirebon Kuliner berani bilang BBG sangat recommended? Banyak alasannya, dan penulis Cirebon Kuliner yakin pembaca setuju bahwa BBG adalah tempat makan yang recommended sekali.

“BBG” (Biang Bebek Goreng) menawarkan menu bebek goreng sebagai menu kuliner andalannya. Selain itu “BBG” (Biang Bebek Goreng) juga menawarkan berbagai menu kuliner lainnya seperti ayam kampung goreng, sate kambing muda balibul atau “bawah lima bulan” juga ada seafood, iga bakar, gepuk, ikan nila, dan masih banyak lagi.

Fasilitas tempat makan “BBG” (Biang Bebek Goreng) sungguh memuaskan, dari mulai tempat makan yang nyaman, bersih, toilet bersih, wastafel bersih, lesehan nyaman di lantai atas, beberapa meja makan di teras, juga ada ruangan ber-AC untuk pertemuan formal. Dan satu lagi, bagi muslim, “BBG” (Biang Bebek Goreng) juga menyediakan musholla yang bersih dan nyaman.


Terlepas dari semua fasilitas tempat makan di “BBG” (Biang Bebek Goreng) yang ada, yang terpenting tentunya adalah kualitas menu kuliner yang ditawarkan. Dan penulis Cirebon Kuliner akan membahas paling tidak yang sudah penulis Cirebon Kuliner pesan dan cicipi sendiri. Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu paket bebek goreng, dan satu paket ayam kampung goreng.

Hal pertama yang menyenangkan dari menu kuliner yang ditawarkan “BBG” (Biang Bebek Goreng) adalah harganya. Paket bebek goreng dan juga ayam kampung goreng ala “BBG” (Biang Bebek Goreng) masing-masing hanya Rp 21.000,- saja lengkap dengan lalaban, sambal 2 macam, dan 1 teh botol Sosro, serta 1 porsi nasi. Harga ini, menurut penulis Cirebon Kuliner sangatlah murah mengingat fasilitas tempat makan “BBG” (Biang Bebek Goreng) dan tentu rasa dari bebek goreng dan ayam kampung gorengnya.

Yup, rasa dari bebek goreng dan ayam kampung goreng ala “BBG” (Biang Bebek Goreng) cukup istimewa. Tingkat ke-empukan bebek gorengnya menurut penulis Cirebon Kuliner pas, tidak terlalu amoh tidak juga terlalu keras, rasa dagingnya asin gurih, enak sekali. Begitu juga ayam kampung gorengnya, lembut, gurih, lezat. Sambalnya pun fine. Ada dua pilihan, sambal pada umumnya, dan yang satu lagi sambal mentah yang unik rasanya. Dua-duanya enak.


Itu adalah dua menu yang penulis Cirebon Kuliner coba saat pertama kali berkunjung ke “BBG” (Biang Bebek Goreng). Berikutnya, penulis Cirebon Kuliner akan mencoba untuk berkunjung kembali dan mencoba menu kuliner lainnya dan share kembali untuk pembaca Cirebon Kuliner.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin menikmati makan enak, lezat, dengan fasilitas tempat makan yang cukup mewah, nyaman, bersih, ada pilihan meja makan biasa, lesehan nyaman di lantai atas, juga makan di teras sambil menikmati pemandangan jalan raya, namun tetap dengan harga terjangkau, silahkan coba “BBG” (Biang Bebek Goreng) di jalan Diponegoro nomor 23 kota Cirebon.

UPDATE 26 MARET 2013

Iga Bakar ala BBG