Kawasan jalan Amperan kota Cirebon saat ini nampaknya mulai menjadi salah satu kawasan pusat kuliner di kota Cirebon. Dari mulai gado-gado Ampera, hingga banyak kuliner-kuliner baru yang berlokasi di jalan Ampera kota Cirebon. Dan salah satu yang juga populer semenjak lama adalah Baso Balungan “Ampera” yang menawarkan berbagai kuliner menggoda untuk dicoba.

Jika pembaca Cirebon sering melewati jalan Ampera, tentu tahu bahwa warung makan Baso “Balungan” ini selalu ramai di siang hari dipenuhi para pengunjung yang ingin menikmati menu kuliner yang ada di warung ini. Beberapa yang paling populer adalah sate klatak, sop balungan bakar, dan baso balungan.


Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi sate klatak sebanyak tiga tusuk dan satu porsi sop sapi. Sate klatak memang berisi potongan daging yang lebih besar dari sate pada umumnya, sehingga jelas lebih mengenyangkan. Oleh karena itu juga tiga tusuk sate klatak cukup dihitung sebagai satu porsi sekali makan.

Satu porsi nasi, 3 tusuk sate klatak, dan satu porsi sop sapi, semua menu ini dihargai Rp 20.000,-an saja. Masih relatif terjangkau, mengenyangkan, dan lezat. Sate klatak ala warung makan Baso Balungan “Ampera” yang berasa manis gurih pedas ini memang cocok dipadukan dengan sop sapi yang segar. Apalagi jika kita pesan minuman es kelapa dengan campuran sirup Tjampolay khas Cirebon yang juga tersedia di warung ini.

Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang belum pernah makan di warung makan Baso Balungan “Ampera” silahkan datang dan icipi berbagai menu andalan di warung ini yang memang sudah lama populer dan memiliki banyak penggemar di kota Cirebon ini.