Kedai-kedai kopi memang selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, terlebih bagi penikmat kopi sejati. Di setiap kota di seluruh dunia pasti mempunyai kedai-kedai kopi favorit penduduknya. Saat ini, tentu ada kedai-kedai kopi yang sudah memiliki nama besar dan populer di seluruh dunia. Namun begitu, bukan berarti kedai-kedai kopi yang belum populer, atau kedai-kedai kopi lokal di masing-masing kota tidak patut dicoba. Karena kedai-kedai kopi lokal tentu ada juga yang berkualitas dan layak dikunjungi.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa nama kedai kopi yang didirikan dan dimiliki oleh orang asli Indonesia, dan sudah tersohor, terutama di kota-kota besar. Dan di kota Cirebon, kedai-kedai kopi sudah mulai banyak bermunculan, ada yang datang dengan nama yang sudah cukup populer di luar negeri, ada juga yang asli dari Cirebon, dan ada juga yang hanya bermain di level low.

Salah satu kedai kopi asli dari Cirebon yang menurut penulis Cirebon Kuliner patut dibanggakan adalah coffee shop Baraja Coffee. Baraja Coffee berlokasi di jalan Tentara Pelajar, tepatnya di seberang Grage Mall, lebih tepatnya lagi di areal Hotel Tryas. Walaupun tergolong baru, bagi masyarakat kota Cirebon, Baraja Coffee nampaknya sudah memiliki nama tersendiri, kelas tersendiri, dan juga style  tersendiri.


Di lihat dari luar, Baraja Coffee memang nampak menarik karena terlihat seperti kafe-kafe pinggir jalan di luar negeri. Iya, Baraja Coffee memang memiliki meja dan kursi persis di trotoar pinggir jalan, sehingga pengunjung dapat menikmati langsung suasana jalan persis di depannya, juga dengan suasana mall yang juga berada tepat di seberangnya. Dengan meja kursi ber-‘tenda’ semakin menambah pemandangan dengan daya tarik tersendiri bagi masyarakat Cirebon yang melintas. Terlebih, lokasi Baraja Coffee ini memang lokasi strategis di kota Cirebon dimana masyarakat banyak berlalu lalang dan beraktivitas di sekitar Baraja Coffee.

Baraja Coffee juga tentu memiliki ruang indoor bagi yang ingin menikmati kopi di dalam ruangan. Suasana indoor Baraja Coffee pun cukup nyaman. Di Baraja Coffee, para penikmat kopi di kota Cirebon dapat memesan beberapa varian minuman kopi hasil racikan barista  di Baraja Coffee. Dari mulai yang basic seperti Espresso, sampai varian-variannya seperti Cappuccino, Caffe Latte, Americano. Di Baraja Coffee, para pengunjung juga dapat memesan berbagai varian minuman teh, bagi pengunjung yang sedang ingin menikmati minuman teh.

Sedangkan menu makanannya, Baraja Coffee menyediakan beberapa menu pilihan yang juga tentunya menarik untuk dicoba, seperti misalnya pancake dan waffle. Dari informasi yang didapat penulis Cirebon Kuliner, pancake Baraja Coffee ini adalah pancake asli buatan Baraja Coffee. Saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung, penulis mencoba beberapa menu, seperti Caffe Latte, Cappuccino, pancake, dan waffle. Pancake dan Waffle bisa dipesan dengan beberapa pilihan sauce.


Setelah mencicipi hidangan dari Baraja Coffee, penulis Cirebon Kuliner sangat puas dengan kualitasnya, baik minuman kopinya, maupun makanannya. Kopi hasil racikan barista di Baraja Coffee ini memang tidak asal-asalan, apalagi hanya menggunakan kopi sachet yang bisa dengan mudah kita dapatkan di luaran. Minuman kopi di Baraja Coffee ini tergolong nikmat. Begitu juga dengan hidangan makanannya, dari penampilannya saja Baraja Coffee sudah menunjukan kelasnya, apalagi rasanya, Baraja Coffee memang tidak sembarangan.

Penampilan sudah, rasa sudah, bagaimana dengan harga? Menurut penulis Cirebon Kuliner, Baraja Coffee mematok harga yang tergolong murah untuk kualitas sebaik itu. Untuk makanannya, Baraja Coffee mematok harga mulai dari dibawah Rp 20.000,-. Sedangkan untuk minuman kopinya, Baraja Coffee mematok harga dari mulai dibawah Rp 20.000,- juga! Artinya, satu pengunjung yang datang ke Baraja Coffee dapat menikmati satu hidangan makanan dan satu hidangan minuman seharga tidak lebih dari Rp 40.000,-! Ini tentu adalah harga yang murah untuk sebuah coffee shop yang berkelas dan untuk hidangan yang berkualitas!

Untuk itu, Baraja Coffee tentu adalah sebuah coffee shop asli dari Cirebon yang patut dibanggakan dan patut dicoba, terutama bagi para penikmat kopi. Baraja Coffee buka 23 jam, jadi bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ingin menikmati kopi dan menu makanan di Baraja Coffee, bisa memiliki spare waktu yang cukup luas. Silahkan datang dan kunjungi Baraja Coffee dan coba sendiri minuman kopi dan hidangan makanan dari Baraja Coffee, jalan Tentara Pelajar kota Cirebon, seberang Grage Mall, di areal Hotel Tryas.

Hot Caffe Latte ala Baraja Coffee
Cold Cappuccino ala Baraja Coffee

Original Pancake dengan madu ala Baraja Coffee

Waffle dengan saus green tea ala Baraja Coffee

Cappuccino ala Baraja Coffee
Crepes dengan saus blueberry ala Baraja Coffee

Iced Baraja Latte dan Pancake Saus Mangga ala Baraja Coffee
Hot Espresso Tiramisu ala Baraja Coffee

Waffle dengan Saus Strawberry ala Baraja Coffee