Saat ini, dunia kuliner di Cirebon semakin ramai saja dengan hadirnya banyak kuliner yang disajikan dalam berbagai konsep, mulai dari warung mobile yang keliling kota, sampai konsep resto yang lebih permanen dan mewah. Salah satu elemen yang menarik adalah adanya sistem franchise waralaba.

Nah… Saat ini, bisnis kuliner dengan konsep franchise atau waralaba semakin populer dan dianggap menjanjikan oleh para investor. Di Cirebon, ada beberapa kuliner yang sistem bisnisnya sudah dikemas dengan sistem waralaba. Salah satu yang paling membanggakan adalah “Banana Kriuk.”

Banana Kriuk adalah produk franchise atau waralaba asal kota Cirebon yang sudah merambah luar pulau Jawa. Dari namanya, jelas produk yang ditawarkan adalah kuliner jenis cemilan berbahan dasar pisang – pisang saba lebih tepatnya – yang diolah dengan cara digoreng dengan diselimuti adonan terigu yang crispy layaknya ayam goreng di restoran cepat saji. Sebagai topping, terdapat berbagai varian seperti keju, coklat, bluberry, dan lain-lain.



Saat berkunjung ke salah satu booth-nya yang ada di salah satu mini market di kawasan jalan Tentara Pelajar kota Cirebon, penulis CirebonKuliner memesan dua porsi “Banana Kriuk” dengan topping keju dan keju coklat. Dari penampilan, hidangan cemilan ini menggiurkan sekali untuk dicicipi.


Dan setelah penulis CirebonKuliner mencicipi, memang enak. Rasanya bikin nagih, membuat kita selalu ingin mencobanya kembali. Salah satu indikasi bahwa suatu kuliner itu enak adalah keinginan untuk datang, membeli, dan menyantapnya kembali. Dan inilah yang penulis CirebonKuliner rasakan. Banana Kriuk paling pas disajikan untuk cemilan yang dimakan ramai-ramai disaat acara kumpul-kumpul bersama teman ataupun saudara.


Sedangkan soal harga, murah kok. Untuk yang original (tanpa topping) hanya Rp 1.250,-. Dan yang paling mahal adalah Rp 3.000,-. Layak dicoba.