Rumah makan Ayam Goreng Hj. Sunarti atau yang lebih terkenal dengan sebutan Ayam Goreng “Bahagia” ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Dan dahulu, di jalan Bahagia ada beberapa rumah makan ayam goreng, namun hanya satu yang paling laris dan selalu laris. Dan akhirnya rumah-rumah makan pesaingnya entah dibeli atau bergabung dengan rumah makan yang paling laku ini – nampaknya sih dibeli – 🙂



Iya, Rumah Makan Hj. Sunarti saat ini telah berkembang pesat, terlihat jelas dengan bertambah luasnya bangunan rumah makan, dan juga dengan sudah adanya pelayan-pelayan yang sudah berseragam dan rapih. Jauh berbeda dengan sewaktu saya penulis blog CirebonKuliner masih kecil bersama keluarga berlangganan di rumah makan ini.


Yang pasti, terakhir saya coba, rasa dan kualitas ayam goreng “Bahagia” ini tidaklah berubah, tetap sama, tetap senikmat dahulu. Mungkin harganya saja yang telah berubah menjadi lebih mahal. Sebetulnya, ada beberapa rumah makan yang menjajakan ayam kampung goreng di Cirebon, tapi Ayam Goreng “Bahagia” lah yang sampai saat ini masih menjadi yang terpopuler.