Ini dia, salah satu kuliner ayam bakar di Cirebon yang paling rajin wara-wiri di dunia maya, terutama twitternya dengan akun @ayambakarPETIR. Sudah lama membuat penulis Cirebon Kuliner penasaran dengan rasanya, akhirnya ada kesempatan juga untuk berkunjung dan mencicipi.


Yang penulis Cirebon Kuliner tahu, saat ini, cukup banyak penjual kuliner ayam bakar di Cirebon dengan berbagai gaya, kemasan, dan merk. Ayam Bakar “Petir” ada di jalan Ampera nomor 12, satu warung dengan “Warung Sosis” namun sepertinya beda pemilik.

Dari menu yang ditawarkan, penulis Cirebon Kuliner melihat bahwa ada beberapa pilihan menu, misalnya ayam bakar keju, ayam bakar madu, dan ayam bakar BBQ, serta ayam bekar hazelnut. Sambalnya pun ditawarkan dengan berbagai tingkat atau level kepedasan, yaitu Watir, Gledeg, dan Jahanam yang paling pedas.


Yang penulis Cirebon Kuliner pesan adalah ayam bakar madu dengan sambal Jahanam, ayam bakar BBQ dengan sambal Geledek. Dari penampilan, ayam bakar di warung Ayam Bakar “Petir” ini cukup menarik. Sedangkan dari rasa, menurut penulis Cirebon Kuliner tergolong enak. Dan yang paling penting adalah, rasa dari ayam bakarnya berbeda-beda sesuai namanya. Karena ada beberapa penjual ayam bakar yang menawarkan rasa berbeda di tiap menu ayam bakarnya, tapi setelah dicicipi, rasanya serupa satu sama lain.

Yang BBQ, rasanya terasa lebih gurih dibandingkan ayam bakar madu yang terasa lebih legit manis karena dibakar dengan diolesi madu. Mudah-mudahan Cirebon Kuliner diberi kesempatan lagi biar bisa cobain rasa yang lain. Sedangkan sambalnya pun sesuai namanya, yang level Jahanam memang betul-betul “jahat” karena pedes banget! Ini menurut penulis Cirebon Kuliner. Mungkin bagi yang lain yang doyan pedas, akan berbeda lagi.

Ayam Bakar Madu dengan Sambal Level Jahanam

Dari segi tempat makannya, tergolong sederhana saja dengan pilihan ada lesehan dan juga di meja seperti pada umumnya. Kapasitasnya pun tergolong sedikit, tapi masih oke untuk sekedar nongkrong sebentar bersama teman-teman. Sedangkan dari sisi harga, menurut saya penulis CirebonKuliner tergolong murah. Rp 30.000,- saja untuk satu porsi ayam bakar madu, satu porsi ayam bakar BBQ, masing-masing lengkap dengan sambal dan lalab lho… Dan dua porsi es teh tawar.

Ayam Bakar BBQ dengan Sambal Level Geledeg

Jadi, buat pembaca CirebonKuliner yang ingin merasakan variasi lain ayam bakar, boleh coba Ayam Bakar “Petir” di jalan Ampera no. 12.


UPDATE 1 Desember 2012

Penulis Cirebon Kuliner akhirnya berkesempatan kembali berkunjung ke warung Ayam Bakar “Petir.” Kali ini dengan varian baru dari Ayam Bakar “Petir,” yaitu ayam bakar dengan rasa blackpepper. Satu porsi lengkap dengan nasi, sambal dan lalab, serta satu botol air mineral botol, hanya Rp 17.000,- dengan tambahan satu porsi lagi.

Ayam Bakar Blackpepper ala Ayam Bakar “Petir”

Rasa ayam bakar blackpepper ala Ayam Bakar “Petir” ini memang enak. Kualitas dagingnya baik, tidak keras sehingga ketika dimakan, tidak membuat gigi kita sakit. Kualitas bakarannya pun baik. Tidak heran kalau Ayam Bakar “Petir” saat ini semakin berkembang dengan akan dibukanya beberapa cabang baru di Cirebon.