Kota Cirebon memiliki cukup banyak produsen kecap lokal, dan beberapa di antaranya telah meraup kesuksesan dengan skalanya masing-masing. Produsen kecap di Cirebon sendiri paling banyak terdapat di daerah Kabupaten yang tersebar luas tidak memusat di satu daerah saja. Memang, kecap, atau soy sauce dalam bahasa Inggris sudah menjadi salah satu bahan makanan utama bagi masyarakat kita Indonesia.

Yang belum tentu diketahui seluruh masyarakat Indonesia adalah bahwa dalam pembuatan kecap yang berbahan dasar kacang kedelai terdapat ampas yang tidak dipakai dalam kecap yang matang. Di Cirebon, ampas kecap ini disebut dengan tauco. Ampas kecap atau tauco ini kemudian oleh masyarakat Cirebon biasa dimasak kembali untuk kemudian dijadikan lauk makan.

Biasanya, ampas kecap atau tauco ini dimasak menjadi tumis ampas kecap. Tumis ampas kecap khas Cirebon ini dimasak dengan cara sederhana, yaitu menumis ampas kecap dengan bumbu sederhana juga seperti bawang merah dan putih, cabai hijau dan merah, ditambah gula merah dan juga tomat. Walaupun sederhana, tumis ampas kecap khas Cirebon ini banyak digemari masyarakat Cirebon, terutama di pelosok perkampungan.

Tumis ampas kecap khas Cirebon

Tumis ampas kecap dengan nasi
Tumis ampas kecap dengan opor ayam kampung


Penulis Cirebon Kuliner juga sudah mencoba mencari informasi sederhana dan global melalui internet dan mendapati bahwa walaupun sudah berupa ampas, ampas kecap ini masih memiliki kandungan gizi yang lumayan. Untuk itu, penulis Cirebon Kuliner mencoba membuat artikel yang membahas mengenai ampas kecap dan tumis ampas kecap ini.

Nah, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang berasal dari luar kota Cirebon dan penasaran dengan ampas kecap, atau sudah pernah mencoba barangkali, namun sulit mendapatkan ampas kecap di daerah asal pembaca Cirebon Kuliner, dan ingin membeli ampas kecap khas Cirebon, pembaca Cirebon Kuliner bisa memesannya melalui penulis Cirebon Kuliner dengan menghubungi kontak yang ada di web ini. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang berminat, silahkan menghubungi penulis Cirebon Kuliner untuk memesan ampas kecap.