Kuliner khas dari negara lain, bagi orang yang bukan berasal dari negara tersebut selalu memiliki daya tarik tersendiri. Seperti halnya berbagai kuliner khas Timur Tengah bagi orang-orang Indonesia. Tempat makan yang menjual kuliner khas Timur Tengah di Indonesia relatif lebih sedikit dibandingkan kuliner-kuliner yang lebih familiar seperti kuliner dari Cina, Jepang, dan Itali misalnya.

Di kota Cirebon sendiri, tempat makan yang menjual menu makanan khas dari daerah Timur Tengah bisa dihitung, salah satunya adalah yang terhitung baru, Al-Mumtaz,berlokasi di jalan Bahagia, persis disamping Kitchen 501 yang juga pernah diulas penulis Cirebon Kuliner.

Dengan tampilan ala resto, Al-Mumtaz, dan menampilkan sajian Timur Tengah, tentu semakin menarik untuk dikunjungi. Penulis Cirebon Kuliner pun mampir untuk mengetahui lebih jauh tentang Al-Mumtaz ini. Di bagian dalam, Al-Mumtaz tergolong sederhana dengan tidak ada banyaknya ornamen atau hiasan. Berkapasitas kurang lebih 30-40 orang, Al-Mumtaz memang paling cocok untuk keluarga.

Melihat buku menunya, penulis Cirebon Kuliner mengetahui ada beberapa menu khas daerah Timur Tengah, seperti Nasi Kebuli, Nasi Kapsah, Paha Kambing Bakar Madu, Iga Kambing Bakar Madu, Kopi Arab, dan  masih ada beberapa lainnya. Penulis mencoba Nasi Kebuli seharga Rp 30.000,- dan Kopi Arab seharga Rp 10.000,-.


Dari aroma, Nasi Kebuli ala Al-Mumtaz ini cukup khas Timur Tengah, walaupun tidak 100% otentik. Nasinya pun tidak menggunakan nasi khas Timur Tengah yang berukuran lebih panjang dan berdiameter leih kecil dibandingkan nasi Indonesia pada umumnya. Namun membaca buku menunya, nampaknya untuk menu lainnya Al-Mumtaz menggunakan nasi dari India yang not-available saat penulis Cirebon Kuliner berkunjung.

Soal rasa, menurut penulis Cirebon Kuliner cukup enak, nyaman dimulut orang Indonesia pada umumnya, karena aroma rempah di kuliner khas Timur Tengah yang seharusnya, tidak terlalu kental di hidangan Al-Mumtaz. Karena hidangan Timur Tengah yang betul-betul asli beraroma rempah yang sangat menyengat.

Restoran Al-Mumtaz ini cukuip memberi warna pada dunia kuliner di kota Cirebon dengan menghadirkan beberapa menu umum dari daerah Timur Tengah walaupun tidak begitu otentik 100%. Bagi pembaca Cirebon Kuliner yang penasaran, silahkan datang dan coba menu-menu khas Timur Tengah di restoran Al-Mumtaz di jalan Bahagia kota Cirebon.

Nasi Kebuli ala Al-Mumtaz