Nasi Kuning Jln. Pekalangan


Setiap negara pasti memiliki menu sarapannya masing-masing yang juga berciri khas dan berkarakter masing-masing. Pun demikian halnya dengan Indonesia, negara kita ini memang termasuk yang banyak memiliki varian untuk menu sarapan, dari mulai bubur ayam, sampai nasi kuning. Dan nasi kuning adalah salah satu yang paling populer di seluruh Indonesia.

Walaupun sebetulnya nasi kuning juga digunakan untuk berbagai keperluan, terutama dalam acara-acara tertentu, nasi kuning juga banyak dicari masyarakat Indonesia untuk menu sarapan pagi, juga makan malam sebetulnya. Hampir pasti, di setiap kota di Indonesia memiliki masing-masing penjual nasi kuning favorit masyarakat kotanya.

Di kota Cirebon, ada beberapa penjual nasi kuning yang populer dan laris manis karena rasanya yang enak sehingga selalu dicari para pelanggan setianya. Salah satu yang pernah dibahas penulis Cirebon Kuliner adalah Nasi Kuning Ibu Mar yang terletak di jalan Kesambi, persis sebelum rel kereta. Jika Nasi Kuning Ibu Mar laris manis dinikmati masyarakat kota Cirebon di malam hari, maka nasi kuning yang akan diulas penulis Cirebon Kuliner kali ini, Nasi Kuning jalan Pekalangan, berjualan di pagi hari.

Sesuai namanya, Nasi Kuning jalan Pekalangan berlokasi di salah satu sudut jalan Pekalangan kota Cirebon, tepatnya di pinggir jalan di sudut jalan persimpangan jalan Pekalangan dan jalan Pandesan, di samping sebuah toko perlengkapan bayi. Jika pembaca Cirebon Kuliner tinggal tidak jauh dari lapak Nasi Kuning jalan Pekalangan tentunya sudah tahu tentang kepopuleran Nasi Kuning jalan Pekalangan ini.



Iya, seperti yang sudah diungkapkan penulis Cirebon Kuliner, Nasi Kuning jalan Pekalangan banyak dikunjungi penggemarnya di pagi hari. Begitu juga ketika penulis Cirebon Kuliner sengaja berburu kuliner pagi hari untuk sarapan. Setelah hunting, perhatian penulis Cirebon Kuliner tertuju saat melewati jalan Pandesan, dan berhenti di warung Nasi Kuning jalan Pekalangan ini.

Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner melihat bahwa tidak hanya nasi kuning saja yang dijual di lapak Nasi Kuning jalan Pekalangan ini, melainkan juga ada nasi uduk, dan bubur kacang ijo. Menu-menu makan yang ringan, cocok untuk sarapan. Yang penulis Cirebon Kuliner pesan adalah satu porsi nasi kuning dengan lauk utama telor bumbu pedas. Dengan harga tidak sampai Rp 10.000,- tentu tidak heran jika Nasi Kuning jalan Pekalangan ini digemari banyak masyarakat Cirebon.

Namun yang terpenting tentunya adalah rasanya. Dan rasanya, memang enak, nikmat. Pas sekali dinikmati pagi hari sebagai sarapan. Jadi, bagi warga kota Cirebon yang sedang mencari menu sarapan baru, atau ingin menikmati nasi kuning nikmat di pagi hari, bisa coba datangi warung Nasi Kuning jalan Pekalangan kota Cirebon.

2 Komentar:

  1. Nasi kuning ter-enaaaaaak di Cirebon! :D

    ReplyDelete
  2. Nasi kuningnya mantap nih

    ReplyDelete

Terimakasih telah mengunjungi www.CirebonKuliner.com. Apabila berkenan, penulis CirebonKuliner.com berharap pembaca bersedia untuk menulis komentar yang positif atau kritik yang membangun, baik untuk kuliner/tempat makan yang diulas, ataupun juga untuk CirebonKuliner.com itu sendiri.