Puyi Takoyaki


Tampilan baru Puyi Takoyaki setelah pindah lokasi

Tampilan depan Puyi Takoyaki di lokasi lama

Berawal dari rasa penasaran dan berniat membuat artikelnya di web Cirebon Kuliner, akhirnya penulis Cirebon Kuliner berkunjung juga ke Puyi Takoyaki, sebuah resto sederhana yang menyajikan kuliner-kuliner khas Jepang. Puyi Takoyaki Japanese Resto terletak di jalan Cipto, tepatnya di sekitaran SMP/SMA Kristen, sebelah kiri dari arah Grage Mall.

Dari luar, Puyi Takoyaki Japanese Resto sudah keliatan cozy-nya. Begitu masuk ke dalam, memang nyaman sekali tempat makan ini, cocok sekali untuk kawula muda yang ingin berdua dengan pasangan, atau justru datang sendirian untuk ber-laptop-ria pun cocok, datang ramai-ramai dengan teman-teman juga seru.




Dari daftar menu Puyi Takoyaki Japanese Resto yang penulis Cirebon Kuliner lihat, lengkap sekali, dari hidangan kuliner Jepang yang berbahan dasar octopus atau gurita, berbagai macam appetizer, hidangan mie, bento, dan kuliner-kuliner Jepang lainnya. Dan sekali lagi penulis CirebonKuliner terkesan dengan detail tempat makan ini, seperti pilihan bentuk dan warna sumpitnya, serta cawan kecil tempat gula cair yang terpisah untuk minuman Es Teh nya.

Yang penulis Cirebon Kuliner pesan adalah Miso Ramen, mie khas Jepang. Yang paling penulis Cirebon Kuliner suka dari Puyi Takoyaki Japanese Resto adalah otentiknya. Iya, rasa mie ramen yang penulis Cirebon Kuliner coba di Puyi Takoyaki ini memang menurut penulis Cirebon Kuliner cukup otentik Jepang. Bangga juga di Cirebon ada tempat makan seperti ini.


Jadi, buat para pembaca Cirebon Kuliner yang mengaku petualang kuliner atau pecinta kuliner, Puyi Takoyaki Japanese Resto layak dicoba. Walaupun menurut penulis Cirebon Kuliner, mungkin untuk sebagian orang tertentu, belum tentu doyan dengan rasa otentik Jepang ini, karena bagi masyarakat awam, akan harus adaptasi dengan rasanya yang "tidak biasa".

Soal harga, range harga menu-menu Puyi Takoyaki Japanese Resto pun komplit seperti menu makanannya. Dari yang berharga kurang dari Rp 20.000,- sampai yang berharga hampir Rp 100.000,-. Jadi, yang dompetnya rada ngepas, masih ada pilihan yang terjangkau di Puyi Takoyaki Japanese Resto. Nice kan? Oleh karena itu menurut penulis Cirebon Kuliner, secara keseluruhan, Puyi Takoyaki OKE...!



UPDATE 26 September 2012

Penulis Cirebon Kuliner kembali berkesempatan mengunjungi kembali Puyi Takoyaki Japanese Resto untuk sharing kembali kepada para pembaca Cirebon Kuliner tentang menu apa saja yang ada di Puyi Takoyaki.


Chicken Katsu Don dengan Saus Teriyaki ala Puyi Takoyaki

Di kesempatan ini penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi Chicken Katsu Don dengan dan satu porsi reguler Salmon Cheese Takoyaki ala Puyi Takoyaki Japanese Resto. Chicken Katsu adalah daging ayam yang digoreng dengan adonan terigu dengan teknik deep fried atau menggoreng dengan minyak penuh sampai ayam tenggelam penuh ke dalam minyak sehingga daging ayam yang dibalut adonan ini berasa gurih renyah. Sedangkan Don adalah masakan Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya.

Rasa dari Chicken Katsu Don ala Puyi Takoyaki Japanese Resto ini menurut penulis Cirebon Kuliner enak sekali. Cocok dan masih nyaman untuk lidah orang Indonesia. Sedangkan rasa dari Salmon Cheese Takoyaki, enak juga untuk dijadikan cemilan sehat. Hanya saja, bagi yang belum biasa, mungkin harus beradaptasi dulu dengan aroma khas yang menyengat.


Salmon Cheese Takoyaki ala Puyi Takoyaki

Salmon Cheese Takoyaki ala Puyi Takoyaki Japanese Resto, kalau penulis Cirebon Kuliner perhatikan mirip seperti perkedel dalam masakan Indonesia, hanya saja di dalam adonannya ada daging ikan salmon dan cheese. Di atas hidangan kuliner Salmon Cheese ini ditaburi taburan yang disebut Katsuo yang terbuat dari ikan laut.



UPDATE 15 November 2012



Puyi Takoyaki adalah resto kuliner Jepang pertama di Cirebon yang asli dimiliki oleh orang asli Cirebon dan belum ada di kota lain. Artinya, selain menu-menunya tidak ditemukan di resto makanan Jepang pada umumnya, Puyi Takoyaki adalah resto Jepang asal Cirebon. Dan pada kesempatan kali ini, penulis Cirebon Kuliner ingin mengulas mengenai informasi terupdate soal Puyi Takoyaki.

Saat ini, Puyi Takoyaki telah berpindah lokasi dari lokasi awal di jalan DR Cipto, sebelah kiri dari arah Grage Mall ke arah lampu merah jalan Pemuda, sebelum pom bensin seberang SMAN Kristen, kini Puyi Takoyaki ada di seberang dari lokasi lama. Iya, Puyi Takoyaki hanya pindah ke seberangnya saja.














Saat berkunjung kembali, penulis Cirebon Kuliner memesan menu lainnya dari Puyi Takoyaki untuk diulas di web ini agar pembaca Cirebon Kuliner mendapatkan informasi yang menyeluruh mengenai menu-menu yang ada di Puyi Takoyaki, karena memang Puyi Takoyaki memiliki banyak sekali pilihan menu kuliner Jepang. Dan yang penulis Cirebon Kuliner adalah paket Bento 5, Matcha Fusion, dan Ocha.

Ocha adalah teh khas Jepang ala Puyi Takoyaki, yang dihidangkan dalam poci khusus yang dapat menahan panas dari air teh di dalamnya. Rasa tehnya, walaupun tanpa tambahan gula, Ocha Japanese tea ini tidak terlalu pahit atau sebah di lidah, tapi rasanya cukup mild atau ringan.


Ocha Japanese Tea ala Puyi Takoyaki



Matcha Fusion atau Green Tea Milkshake ala Puyi Takoyaki

Sedangkan Matcha Fusion adalah minuman kreasi Puyi Takoyaki yang terbuat dari es krim rasa teh hijau yang di blend atau di mix dengan serutan es batu dan susu kental manis, sehingga tampilan dan tekstur rasanya mirip dengan milkshake. Bisa dibilang, Matcha Fusion adalah Green Tea Milkshake ala Puyi Takoyaki. Rasanya, segar sekali, pas banget dinikmati dengan cuaca kota Cirebon yang panas.

Dan hidangan utama yang dipesan penulis Cirebon Kulier, paket Bento 5 ala Puyi Takoyaki, adalah bento khas Jepang yaitu nasi dan makanan lain ala Jepang yang dihidangkan dalam kotak nasi khusus ala Jepang. Iya, bento adalah kuliner Jepang yang berisi nasi dan macam-macam kuliner Jepang lainnya yang dihidangkan dalam kotak nasi khas Jepang.

Bento 5 yang dipesan penulis Cirebon Kuliner berisi nasi, chicken no teba, shrimp roll, dan ekado. Chicken No Teba adalah daging ayam bagian sayap yang diolah sedemikian rupa dan diisikan ke dalam potongan sewiwi atau sayap ayam. Ekado adalah olahan udang yang dibentuk mirip siomay yang digoreng, yang di dalamnya terdapat telur puyuh. Dan satu lagi, shrimp roll adalah olahan daging udang plus adonan tepung yang digoreng dengan teknik deep fried sehingga menghasilkan udang goreng yang crispy dan lezat, mirip dengan ayam goreng ala restoran fast-food.


Paket Bento 5 ala Puyi Takoyaki

Itulah ulasan penulis Cirebon Kuliner untuk kesempatan kali ini, ke depannya penulis Cirebon Kuliner akan mengulas menu lainnya yang ada di Puyi Takoyaki, supaya pembaca Cirebon Kuliner bisa memperolah informasi yang selengkap mungkin mengenai Puyi Takoyaki dan menu-menu yang dimilikinya.



UPDATE 24-11-2012

Kembali, penulis Cirebon Kuliner mengulas menu-menu lain yang ada di Puyi Takoyaki. Kali ini, Spicy Mushroom Roll, Ichigo Blue, Red Dragon, dan Chococheese Yaki. Mari kita bahas Spicy Mushroom Roll dulu. Ini adalah salah satu menu Puyi Takoyaki varian Sushi. Dan dalam Spicy Mushroom Roll ala Puyi Takoyaki ini, bahan-bahan yang digunakan adalah jamur shiitake (jamur pangan asal Asia Timur yang terkenal di seluruh dunia), selada keriting, dengan chili sauce dan mayonnaise. Dilengkapi juga dengan washabi, "sambal" khas Jepang khusus untuk hidangan sushi khas Jepang, dan juga  gari, acar khas Jepang yang terbuat dari jahe muda yang diiris tipis-tipis.


Spicy Mushroom Roll




Rasa dari Spicy Mushroom Roll ala Puyi Takoyaki ini rasanya nyaris benar-benar Jepang, nyaris tidak ada adaptasi atau penyesuaian untuk lidah orang-orang kita Indonesia. Roll-nya berasa asin dan pedas dengan aroma yang cukup tajam. Sedangkan washabi, tentu rasanya tajam sekali, pahit dan sedikit asam. Dan gari, rasa pedas jahe ditambah asam layaknya acar. Jadi, bagi pembaca Cirebon Kuliner yang ber-ekspektasi rasa yang nyaman di lidah dari Spicy Mushroom Roll, mungkin akan kaget dengan rasanya. Tapi, bagi pecinta kuliner sejati yang ingin betul-betul merasakan bagaimana kuliner asli dan otentik Jepang, Spicy Mushroom Roll di Puyi Takoyaki ini jawabannya.


Red Dragon dan Ichigo Blue ala Puyi Takoyaki

Minumannya, Red Dragon dan Ichigo Blue. Red Dragon adalah minuman yang terbuat dari soda dan sirup stroberi ini rasanya segar dan menghibur. Sedangkan Ichigo Blue adalah minuman dari soda dengan sirup jeruk. Dua-duanya cocok sekali dinikmati di siang hari saat cuaca kota Cirebon sedang panas terik.


Chococheese Yaki ala Puyi Takoyaki

Dan yang terakhir, Chococheese Yaki ala Puyi Takoyaki isi 3 ini rasanya memang bikin ketagihan. Hampir semua orang tentunya akan suka dengan hidangan kudapan semacam ini, layaknya jajanan ala Indonesia. Chococheese ala Puyi Takoyaki ini adalah kuliner dari bahan tepung dengan saus coklat dan taburan keju, nah.. menggiurkan kan?



UPDATE 11 Agustus 2013

Puyi Takoyaki memang resto Jepang pertama di Cirebon yang menyajikan menu khas Jepang yang tergolong komplit, dari mulai cemilan seperti Takoyaki dengan berbagai isian seperti gurita, chicken, salmon, kani, dan cheese. Juga ada berbagai pilihan sushi khas Jepang.

Dan kini, salah satu kuliner khas Jepang yang konon sebetulnya apabila diruntut sejarahnya berasal dari negeri Cina, mie ramen, yang saat ini nampaknya sedang menjadi trend di berbagai kota besar di Indonesia.

Iya, mie ramen nampaknya memang tengah populer di negara kita. Di berbagai kota besar, banyak bermunculan resto atau tempat makan yang menawarkan mie ramen. Begitu juga di Puyi Takoyaki. Sudah lama, Puyi Takoyaki memiliki menu ramen khas Jepang. Dan kini, Puyi Takoyaki meluncurkan produk ramen terbarunya, Puyi Original Ramen.

Puyi Original Ramen adalah mie ramen hasil inovasi Puyi Takoyaki yang ingin menghadirkan mie ramen khas Jepang dengan penampilan, aroma, isi, dan rasa yang full ramen Jepang. Puyi Original Ramen berisi irisan daging sapi, tahu Jepang, naruto maki, wakame, telur rebus, irisan wortel, daun bawang, dan tentunya, kuah mie ramen yang diolah dengan inovasi Puyi Takoyaki dengan bumbu khas Jepang.

Semuanya ini menghasilkan mie ramen yang menurut penulis Cirebon Kuliner Jepang banget. Dari penampilannya dan juga aromanya saja sudah menggugah selera. Begitu juga rasanya, setelah mencicipi, kuah ramennya sungguh membuat mulut ketagihan untuk terus menikmatinya.

Isian Puyi Original Ramen-nya pun porsinya pas, tidak kurang, tidak juga lebih. Satu porsi Puyi Original Ramen ini sudah cukup untuk mengisi perut. Bagi pembaca Cirebon Kuliner yang gemar menyantap mie ramen, dan mencari mie ramen yang enak di kota Cirebon, silahkan datang kunjungi Puyi Takoyaki di jalan Cipto nomor 22 kota Cirebon, tidak jauh dari CSB Mall.


PUYI Original Ramen



Chicken Katsu dan Iced Tea


Beef Yakiniku dan Iced Tea



California Roll


Dragon Roll


Miso Ramen


Kitsune Udon


Ebi Ten Floss Maki


Salmon Maki


Spicy Mushroom Roll


Tamago Maki


Omuraisu Chicken Katsu



Crew Puyi Takoyaki Japanese Resti yang selalu siap melayani

37 Komentar:

  1. Wah makasi infonya,, jadi pengen kesana segera. Thx

    ReplyDelete
  2. Harganya gimana min? Mau masuk gk berani, takut mahal-mahal, soalnya tempatnya eksklusif gitu. Hehe. Ada diskon gak? :))

    ReplyDelete
  3. Harga variatif kok, pilihannya banyak, dari yang di bawah Rp 20.000,- sampai yang di atas Rp 50.000,- ada. Artinya, yang terjangkau dan mengenyangkan tetap ada kok. :)

    Terima kasih buat smeuanya yang sudah berkunjung ke www.CirebonKuliner.com dan sudah memberi komentar.

    ReplyDelete
  4. Miso Ramen nya recomended min,, ajib deh pokoknya, gak kalah sama gokkana! Hehe,,

    Dulu awal nyobain kimchi ramen sih biasa aja, buat para pemula kali ya,, :)). Capcuss yuk ke Puyi! :p

    Puyi diskon ya,sudah ngasi coment! :*

    ReplyDelete
  5. Halo.. Terima kasih ya sudah berkunjung & kasih komentar, :)

    Monggo Juragan Puyi, ada yg minta diskon tuh... gmn?? Heheheee...

    ReplyDelete
  6. Kangen Choco cheese Takoyaki nya,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... CirKul jg blm pernah, boleh dicoba biar nnti dimuat buat update artikel Puyi biar makin komplit.

      Terima kasih sudah berkunjung & komentar ya. :)

      Delete
  7. wah enak ya min,makan di PuyiTakoyaki terus,, ajak2 ya :D

    ReplyDelete
  8. tempatnya pindah ya min? kok jadi empal gentong gitu?

    ReplyDelete
  9. Hehehee.. Iya, abis menu di Puyi banyak bgt, jd kepengen nyobain semuanya & di share di sini, biar semua bs tau gmn rasa & penampilan menunya.

    Iya pindah, jd ke sebrangnya. Tmpt Puyi yg dulu skrg jd warung makan Empal Gentong Putra Mang Mul. Nanti mau diliput jg itu empal gentongnya. Hehehee..

    Terimakasih sudah berkunjung & berkomentar. :)

    ReplyDelete
  10. Min d puyi takoyaki masih butuhin karyawan kaga?
    Sya gibriel jebolan dari shukhufuku (sushi & ramen)
    kalo masih butuhin kabar"n ia min k nmr ini 089607102430
    makasih

    ReplyDelete
  11. Waduh.. Nanti Mimin coba tanya ownernya dulu ya.. :)
    Terimakasih udh berkunjung ke web ini & udh berkomentar..

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Thank you KabarSeru.com for visiting CirebonKuliner.com and for writing comment also. Expecting for your continous visiting. :)

      Delete
  13. Wah jadi pengen ke puyi takoyaki lagi. Apalagi hujan2 gini nge-ramen,, :))

    ReplyDelete
  14. Hehehee.. Emang cocok menu2 kuliner Jepang klo dinikmati pas hujan malem2. Kpn2 ajak2 ya klo ke Puyi, nanti ngobrol & dimasukin ke web CirebonKuliner.com :)

    ReplyDelete
  15. Pernah kesana n biasa aja kok ,, masih jauh dari asli nya .. Sorry ya .. Ramennya rada aneh ,, rasanya .. :( ,,

    ReplyDelete
  16. :)
    Okei.. Terimakasih atas visit & komentarnya.. :)

    ReplyDelete
  17. ramennya harganya berapa jeh?

    ReplyDelete
  18. Saya harapkan pengguna blogger cirebon bisa bergabung dan mempersatukan blogger cirebon https://www.facebook.com/groups/606053102740538/

    ReplyDelete
  19. Yang Punya ni restoran kalo boleh tau siapa ya?

    ReplyDelete
  20. Maaf sebelumnya, 'Anonymous' yg menanyakan owner PUYI Takoyaki siapa ya? Barangkali memang ada keperluan dgn owner PUYI, mungkin CirebonKuliner.com bs bantu. :)

    ReplyDelete
  21. Mantap..mau coba ah..kayaknya lbh menantang dr hokben......

    ReplyDelete
  22. Iya, memang PUYI Takoyaki resto Jepang pertama di kota Cirebon yg bisa menghadirkan menu kuliner Jepang yg cukup komplit dgn harga yg relatif terjangkau.

    Terimakasih sdh berkunjung ke CirebonKuliner.com & menulis komentar. :)

    ReplyDelete
  23. Wahh minggu depan wajib meluncur nih dari Jakarta ke Cirebon, sekalian pulang maksudnya hee.. bikin ngiler nih puasa2 gini

    ReplyDelete
  24. Admin cirebonkuliner.com saya saranin komennya pake facebook biar tambah rame webnya terus ada like, link sharing ke twitter dll. Klo butuh bantuan contact aja saya.

    ReplyDelete
  25. Terimakasih Ipan Ardian, sarannya sangat bermanfaat. Langsung sy cari template nya & rombak sedikit2. :)

    ReplyDelete
  26. Ni resto masih ada gak sih?? aku lewat jalan cipto kok gak nemu. Apa aku kurang teliti lihatnya

    ReplyDelete
  27. pengen kesana, tapi halal gak sih bahannya hehe :D

    ReplyDelete
  28. Aku pernah dua kali ke sana. Tapi kemudian ragu apakah halal atau enggak, soalnya resto jepang di jakarta ternyata ga halal, ramennya mengandung minyak babi. padahal suka banget sama kuliner Jepang :(

    ReplyDelete
  29. halal kok soalnya yang punya muslim dan saya pernah kerja disana :). kangen suasana puyi takoyaki. xoxo

    ReplyDelete
  30. enaak...... Saya suka takoyaki. makanya saya jual Katsuobushi untuk taburan Takoyaki. Hanya Rp 240.000 per kg. Bisa dikirim keseluruh Indonesia ya..... Trims.

    ReplyDelete
  31. min puyitakoyaki ini letaknya dimana ya? soalnya kmrn ngecek malah tutup dan kt orang situnya pindah

    ReplyDelete
  32. Sekarang puyi pindah kemana ya ?? Kok udah tutup sihhh.. padahal menu nya enak. Tolong infooo yaaa

    ReplyDelete

Terimakasih telah mengunjungi www.CirebonKuliner.com. Apabila berkenan, penulis CirebonKuliner.com berharap pembaca bersedia untuk menulis komentar yang positif atau kritik yang membangun, baik untuk kuliner/tempat makan yang diulas, ataupun juga untuk CirebonKuliner.com itu sendiri.